Desember 15, 2008

TIPS BELANJA MURAH DI KOTA WISATA
anda mungkin tidak menyadari, terkadang kita belanja ketika berwisata tanpa terencana. ketika sampai tempat wisata, melihat souvenir yang menarik anda kemudian membelanjakan uang anda tanpa berfikir panjang... souvenir merupakan monument memori akan sebuah tempat yang pernah kita datangi. belanja souvenir pada umumnya merupakan pengeluaran yang tidak direncana, padahal terkadang menipiskan dompet atau mengurangi digit saldo dalam rekening kita. bagaimana anda merencanakan pembelian souvenir memengaruhi cost yang kita keluarkan ketika kita berwisata. apabila anda tidak merencanakan, bersiaplah uang yang ada dalam kantong anda tidak akan tersisa, bila anda merencanakannya akan tetapi kurang matang, juga tidak akan banyak pengaruhnya.
tips belanja souvenir:
1. cari referensi souvenir unik yang menjadi ciri khas dari objek wisata yang akan kita tuju, termasuk harga (pertimbangkan kemungkinan kenaikan harga)
2. pilih jenis souvenir yang akan dibeli sebelum berangkat
3. apabila anda belanja di gerai souvenir, ajaklah temen anda sebagai "guide" karena biasanya gerai souvenir memberi tip kepada guide berupa prosentase pembelian klien-nya. (bisa antara 10 s/d 40%)
4. bawa cash money secukupnya, karena jumlah uang di kantong mempengaruhi nafsu anda untuk berbelanja.
5. biasanya pedagang souvenir memiliki harga standar yang merupakan kesepakatan dalam asosiasinya, akan tetapi masih bisa ditawar. keahlian anda menawar menentukan jumlah uang yang akan dibelanjakan.
6. pilih barang yang benar-benar berkualitas dan merupakan ciri khas objek wisata tersebut
7. usahakan untuk tidak membeli di lokasi wisata, tapi di tempat lain yang menjual souvenir yang sama (misal, mall, pasar tradisional, atau bisa jadi di pasar klithikan justru kita temui barang yang unik)

tip belanja tersebut hanya bermanfaat bila anda mampu mengelola nafsu belanja anda.
semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar